Cara Menggunakan Google Drive Agar Lebih Efisien Dalam Produktivitas

Cara Menggunakan Google Drive Agar Lebih Efisien Dalam Produktivitas
Tutorial
Cara Menggunakan Google Drive Agar Lebih Efisien Dalam Produktivitas
Cara Menggunakan Google Drive Agar Lebih Efisien Dalam Produktivitas
Hai teman-teman, apa kabs? Pada kesempatan kali ini gw akan memberikan sedikit tips dan trik mengenai cara kita memanfaatkan Google Drive agar lebih efisien.

Buat kalian yang belum tau, Google Drive adalah salah satu produk buatan google yang memiliki fungsi sebagai penyimpanan online atau cloud storage. Besaran kapasitas dari akun free untuk Google Drive adalah 15 GB.

Dengan kapasitas 15 GB tersebut, kita bisa mengupload file-file, video, musik dan hal lainnya di Google Drive. Dan karena Google Drive berbasis cloud atau online, kita dapat memberikan akses kepada orang lain untuk melihat file tersebut. Untuk pembahasannya sudah pernah gue bahas di Cara Upload File di Google Drive via Dekstop dan Mobile Agar Bisa Diakses Temanmu. Silahkan di klik untuk melihat artikelnya.

Kembali ke topik awal, gimana sih caranya agar kita dapat menggunakan Google Drive dengan lebih efisien? Disini gue menggunakan cara yang sudah gue praktekin sendiri selama menggunakan Google Drive.



Buat Folder Tersendiri Agar File Lebih Terorganisir

Cara pertama adalah dengan mengorganisir filemu di dalam folder yang sesuai. Kamu dapat membuat folder Foto yang berisi kumpulan fotomu, folder Tugas yang didalamnya berisi tugas-tugas, folder Lainnya untuk hal-hal lain yang ingin kamu upload. Dengan terorganisirnya file-file tersebut di dalam folder, kamu akan jauh lebih mudah dalam mencarinya ketika perlu.

Buat Sebuah Folder Yang Dapat Diakses Bersama

Cara kedua, masih berhubungan dengan cara pertama, yaitu buat sebuah folder yang dapat diakses bersama. Seperti yang gue bilang di awal, keuntungan dari Google Drive adalah dapat diakses oleh orang lain secara online.

Jadi ketika kita ingin mengirimkan sesuatu kepada orang lain, bisa berupa tugas atau file, kita bisa menguploadnya di Google Drive. Setelah itu kita tinggal berikan linknya ke teman kita. Ini ibaratnya kita memiliki Flashdrive secara online.

Selain itu, jika kamu memiliki pekerjaan di dalam tim yang memerlukan share dokumen dan file antar rekan, kamu juga dapat menggunakan cara ini. Jadi kamu tinggal share link foldernya, atur agar foldernya dapat diakses dan diedit oleh temanmu dan jadilah sebuah penyimpanan bersama untuk seluruh tim.

Untuk tutorial agar folder di Google Drive bisa diakses dan diedit oleh orang lain, bisa cek disini : Cara Membuat Folder Yang Dapat Diedit Oleh Orang Lain di Google Drive.

Gunakan Shortlink Untuk Memudahkan Upload File

Nah ketika kamu sudah memiliki folder yang dapat diakses bersama, langkah selanjutnya adalah membuat shortlink dari url folder tersebut. Ini akan memudahkanmu dalam membagikan linknya ke teman atau orang lain.

Simpelnya kamu bisa tinggal mengetikkan secara manual dan temanmu bisa mengakses folder tersebut. Kamu harus coba menggunakan shortlink agar bisa merasakan kemudahan yang diberikan. Untuk cara menggunakan shortlink silahkan baca artikel berikut: Pengertian, Fungsi, dan Rekomendasi Shortlink Untuk Memperpendek Link Kamu

Jadikan Sebagai “Jembatan” Antar Device

Dan yang terakhir adalah gunakan Google Drive sebagai jembatan antar perangkat. Maksudnya gimana? Jadi simpelnya seperti ini, ketika kalian ingin mengirim file dari HP ke komputer atau laptop, biasanya kalian akan menggunakan flasdrive atau kabel data kan?

Nah dengan menggunakan Google Drive, kalian bisa mengirim file dari HP langsung ke komputer atau laptop secara wireless, ga perlu kabel data atau flasdrive. Caranya gimana?

  1. Silahkan buat folder yang bisa diakses oleh semua orang, contoh disini kita akan beri nama Transfer File
  2. Gunakan shortlink untuk memendekkan url folder tersebut, contoh saja disini kita bisa menggunakan bitly. Nanti jadinya akan seperti ini: bit.ly/transferfile
  3. Ketika kamu ingin mengirim file tertentu, silahkan upload file tersebut ke folder yang tadi kita sudah buat.
  4. Kemudian buka browser di komputer atau laptopmu, ketikkan bit.ly/transferfile dan silahkan download file yang baru saja kamu upload.

Buat kamu pengguna IOS, pasti sudah familiar dengan cara seperti ini. Di IOS sendiri ada fitur yang namanya AirDrop, ekosistem Apple memang luar biasa.

Kesimpulan

Jadi kalo bisa gue ringkas caranya, secara simpel kalian organisir file-file kalian di Google Drive dengan menggunakan folder. Setelah itu, buatlah satu folder yang dapat diakses banyak orang, yang nantinya bisa juga kita gunakan untuk transfer file dengan orang lain atau antar device yang berbeda. Terakhir silahkan gunakan shortlink pada link folder tersebut agar lebih mudah di akses.

Oke sekian artikel kali ini mengenai cara menggunakan google drive agar lebih efisien dalam produktivitas, jika kalian merasa bingung silahkan tanyakan di kolom komentar di bawah, jangan lupa tinggalkan like dan share artikel ini ke teman teman kamu agar semakin menambah wawasan mereka.

Oh ya, gw juga sertakan video penjelasan artikel ini di youtube gue, kalo kalian merasa ga mudeng dengan tulisan doang, bisa coba tonton video gue di youtube. Thanks!
DMCA.com Protection Status