Perbedaan Gigabit, Gigabyte, Megabit, Megabyte, Bit dan Byte dalam Internet

Perbedaan Gigabit, Gigabyte, Megabit, Megabyte, Bit dan Byte dalam Internet
Informasi
Perbedaan Bit dan Byte
Perbedaan Gigabit, Gigabyte, Megabit, dan Megabyte dalam Internet
Hai teman teman, apa kabarnya hari ini? Pada kesempatan kali ini gw bakal membahas mengenai perbedaan bit dan byte dalam internet.


Bit dan Byte, apa itu?

Seringkali kita mendengar atau melihat poster paket kuota internet atau WiFi yang mengatakan bahwa "Speed internet up to 10Mbps". Mbps disini merujuk pada kecepetan internet. Tapi pernah ga sih kalian baca di poster kalo kecepatan internetnya adalah 10Mbps, pas kalian coba buat download file di internet, ternyata ga sampe secepat itu?

Sebenarnya hal tersebut terjadi karena kesalahpahaman kita mengenai pengertian dari kata Mbps itu sendiri. Oke mari kita bahas pada artikel ini.

Istilah bit dan byte di internet

Dalam internet, terdapat dua istilah yang memiliki nama yang lumayan mirip, yaitu Bit dan Byte. Contohnya adalah
  • Gigabit dan Gigabyte
  • Megabit dan Megabyte
  • Kilobit dan Kilobyte

Biasanya, Bit akan lebih merujuk pada kecepetan transfer data atau kecepatan suatu internet. Contohnya seperti yang kita bahas diatas, "Speed internet up to 10Mbps". Ini menggambarkan kecepatan maksimal dari internet tersebut dapat mencapai 10 Megabit per second.

Sementara untuk Byte, dia lebih merujuk pada besar atau kapasitas sesuatu, contohnya dapat kita lihat pada ukuran Flasdrive. Flashdrive 8GB memiliki arti bahwa flashdrive tersebut memiliki kapasitas 8 Gigabyte dalam menyimpan data.

Penulisan singkatan bit dan byte

Nah bagaimana sih kita bisa membedakan antara bit dan byte? Simpelnya bit dan byte memiliki singkatan yang berbeda. Byte memiliki penulisan huruf B secara kapital. Contohnya adalah 256KB, 512 MB, 8GB, 16GB, dan yang lainnya. Jika kamu melihat huruf b kapital maka itu dibaca Byte.

Sementara untuk bit, dia ditulis dengan huruf b kecil, contohnya adalah 600Kb, 4Gb, 16Gb dan yang lainnya. Jika kamu melihat huruf b kecil maka itu dibaca Bit. Selain itu, penulisan bit juga biasanya diikuti dengan kata per second, atau per detik. Ini merujuk pada kecepatan internet. Contohnya adalah 1Gbps, dibaca 1 gigabit per second, yang memiliki arti kecepatan internet tersebut adalah 1 gigabit dalam 1 detik.

Perbedaan ukuran bit dan byte

Pada dasarnya, perbedaan ukurannya adalah 1 byte = 8 bit. Ini adalah perbandingan standar, namun jika kamu ingin mengetahui yang lebih lengkap misalnya 1 Megabit berapa Megabyte, kamu bisa mengecek disini : Kalkulator Konversi Bit ke Byte.

FYI
Dalam bahasa Indonesia, Byte ditulis sebagai Bita

Nah setelah kita mengetahui perbedaan ukuran tersebut, maka terjawablah pertanyaan di awal artikel tadi. Kok speednya ga secepat yang dipromosiin? Ya itu karena kalian salah paham. 10Mbps disini sama dengan 1,25 MBps. Jadinya ya kecepatan internet kamu maksimal adalah 1,25 Megabyte per second.
Bit to Byte Konverter
Kalkulator Konversi Bit to Byte

Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat dan menambah wawasan. Jika ada pertanyaan silahkan tanyakan di kolom komentar di bawah, jangan lupa tinggalkan like dan share ke temanmu agar blog ini semakin semangat untuk apdet informasi menarik lainnya. Thanks!
DMCA.com Protection Status